Setiap Kita Punya Peluang Untuk Membuat Startup Digital

Setiap Kita Punya Peluang Untuk Membuat Startup Digital

Oleh : Puji Hasti.

Siapa bilang untuk bikin startup digital, kamu harus jadi programer dan jago coding. Hai, jangan kecil hati dulu! Bukankah setiap bisnis membutuhkan berbagai elemen sumber daya manusia sebagai pendukung?

Begitu juga dengan startup. Yuk, kita intip tiga pihak yang harus ada dalam setiap startup digital :

HUSTLER , biasanya adalah orang yang melihat masalah untuk dicarikan solusinya yang bernilai bisnis. Dia pebisnis dan jago marketing. Luas jangkauan pergaulannya, baik online ataupun offline.

HACKER , secara mudah kita definisikan sebagai seorang programmer yang menerjemahkan ide bisnis ke dalam Bahasa coding.

HIPSTER , adalah designer grafis yang menampilkan hasil kerja programer dalam komunikasi visual yang indah, dan mudah dimengerti dan nyaman saat dipakai masyarakat pengguna.

Nah dirimu cocok di posisi apa nih? Hacker, hipster atau hustler? Idealnya 1 team startup digital terdiri dari 3 orang, atau maksimalnya 5 orang. Jumlah team yang kecil memudahkan pengambilan keputusan dalam waktu cepat, dan menghilangkan saling ketergantungan dalam pembagian tugas.

Kalau kamu sudah menemukan orang-orang yang bisa diajak untuk membuat team startup digital, bisa saja langsung kamu lakukan aksimu. Memecahkan masalah orang banyak melalui app-mu.

Tapi ada pilihan lain,  yaitu kamu bergabung dalam komunitas yang memberikan pembinaan-pembinaan khusus untuk startup digital. Jangan takut idemu dicuri orang. Yakin saja, saat ini tak ada lagi ide yang benar-benar orisinil. Ide yang kita fikirkan, mungkin juga difikirkan oleh ratusan orang selain kita. Di dunia startup digital muncul istilah “Ide itu murah, yang mahal adalah eksekusi“. Eits jangan sewot ya, kamu boleh setuju dan boleh tidak setuju koq dengan istilah ini. Hehehee …

Bagaimana kalau kita masih sendirian? Bergabunglah dengan jenis pembinaan startup digital, yang menyediakan sesi networking. Dalam sesi tersebut, siapkanlah pitching atau presentasi durasi sekitar 60 detik.

Pitching dimaksudkan untuk menjelaskan idemu, mencari orang yang punya ketertarikan pada bidang yang sama denganmu, bahkan membujuk orang yang kita butuhkan, untuk tertarik dan mau bergabung dalam Team kamu. Ingat lho, ini bukan Khotbah, waktumu sangat singkat, dibelakangmu ada antrean yang mungkin panjang. Hehehe…

Naaah, selanjutnya perlu dipahami istilah-istilah berikut biar kamu ngga salah masuk ruang pembinaan kementerian, BUMN atau swasta.

Sebab terkadang pihak investor hanya menerima startup yang sudah jadi, maka mereka me-release program inkubasi dan akselerasi, contohnya pembinaan dari Telkom.

Terkadang ada yang ingin membina startup yang sudah setengah jadi, maka mereka menyelenggarakan hacksprit atau bootcamp. Contohnya : gojek, Toyota, Astra dll.

Sedangkan seperti Menkominfo dan Bekraf, adalah contoh merupakan pihak yang membina startup digital mulai dari Ignite.

BACA JUGA:  7 Bocoran Menkeu Sri Mulyani Buat Founder Startup Digital

Oke untuk gambaran saja ya, mari kita lihat step by step yang digelar dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Mari kita lihat, di fase apakah startup kamu ?

IGNITE ,  biasanya adalah untuk membakar semangat, dan menyamakan visi misi dalam sebuah perjalanan panjang membentuk startup.

NETWORKING , sangat bermanfaat untuk yang masih sendirian dalam memulai langkahnya, padahal sebuah startup idealnya dibentuk oleh tiga unsur seperti yang tadi kita sebutkan sebelumnya yaitu hustler, hacker dan hipster.

WORKSHOP , menyusun team yang benar dan baik, memilih masalah yang akan diselesaikan bersama oleh team, membedakan user dari customer, merencanakan riset kwalitatif dan kwantitatif, dll.

HACKSPRINT , langkah gesit pasca riset lapangan. yang bisa bergabung disini biasanya adalah team yang sudah melakukan validasi masalah dan validasi market di lapangan.

BOOTCAMP , diikuti oleh team yang sudah memiliki produk digital, dan sudah digunakan oleh user, namun masih terbatas.

INKUBASI , diikuti oleh team yang produknya sudah digunakan luas oleh pengguna dan sudah memiliki pendapatan.

Nah sekarang, sesudah melihat fase-fase tersebut, jangan salah masuk komunitas pembinaan yaa.

Di bawah ini aku coba share contoh invitation yang umumnya menyebut fase yang diinginkan oleh penyelenggara. So, jangan keburu ngiler baca nominal hadiahnya, terus main daftar aja, hehehe.

Diatas ini contoh undangan untuk startup digital yang ada di fase Hacksprint.

Nah yang diatas ini undangan pitching startup digital dihadapan investor. Berarti ini undangan jika stratup kamu sudah selesai dalam semua tahap. Siap digulirkan di tengah masyarakat. Atau mungkin kamu butuh dana untuk pengembangannya. Investor ingin bertemu langsung mendengar presentasimu. Catat ya, inipun presentasinya durasi pendek.

Ikuti terus tulisan-tulisanku tentang startup , siapa tau kamu orang yang bisa bikin startup unicorn selanjutnya.

Dan buat kamu yang belum baca tulisanku sebelumnya silahkan klik link berikut ini

BACA JUGA:  GERAKAN 1000 STARTUP DIGITAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Contact Us support@abdeko.com