Mindset Yang Benar Adalah Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Online

Mindset Yang Benar Adalah Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Online

Apakah ada yang membedakan orang yang sukses dengan orang yang gagal? Ya, ada, yaitu mindset. Mindset orang sukses sangat beda jauh dengan mindset mereka yang gagal.

Kunci sukses hampir semua pengusaha, para entrepreneur dalam berbagai bidang bisnis umumnya bisa diteropong dari MINDSET nya. Termasuk dalam menjalankan bisnis online.

Pengaruh mindset ini luar biasa. Bagaimana cara bekerja, cara menghadapi masalah, cara menyikapi peluang, cara menjalankan bisnis, dan sebagainya … semua tergantung pada mindset.

Mengapa Kita Perlu Memperbaiki Mindset?

Ada satu quote yang sering saya ulang-ulang, dalam berbagai kesempatan.

90% sukses ditentukan oleh mindset, hanya 10% yang ditentukan oleh hal-hal teknis.”

Saya pernah membuat semacam “percobaan”. Saya “membina” 5 orang menjalankan sebuah bisnis online yang cukup sederhana.

Saya ajarkan sampai bisa kepada 5 orang itu untuk melakukan hal yang persis sama. Cara riset, cara promosi, cara follow up, dllsb saya ajarkan semua sama. Bahkan teks iklan, keywords, dan media nya pun saya beritahu semua sama.

Tapi kemudian, apa yang terjadi?

Dari 5 orang itu, hanya 1 yang berhasil. Yang lainnya gugur di tengah jalan. Kok bisa? Ya, itulah kenyataannya.

Dari pengamatan saya, memang ada perbedaan antara 1 orang yang sukses itu dibanding teman-teman lainnya. Mereka-mereka yang gugur itu ternyata disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Selalu diliputi keraguan, apakah bisnisnya akan jalan atau tidak
  2. Sudah promosi, tapi kok nggak ada hasil di bulan pertama
  3. Sudah banyak keluar uang, income masih belum memadai
  4. Menganggap bahwa bisnisnya itu sama sekali tidak berharga
  5. Berhenti promosi, karena takut gagal
  6. Tergoda menjalankan bisnis lain yang kelihatannya lebih okey
  7. dllsb, saya gak perlu tulis semua ya ….
BACA JUGA:  Apa Itu Affiliate Marketing?

Anda bisa lihat, betapa semuanya berurusan dengan MINDSET. Mereka yang memiliki mindset yang salah, akan gagal. Kenapa? Karena cara kerja nya akan salah, cara mengatasi masalah gak bener, kemauan dan tekadnya lemah. Juga mudah putus asa, malas memperbaiki kinerja, dan seterusnya, dst, dst.

Jadi, satu-satunya pilihan, mari kita INSTALL ULANG otak kita. Install mindset yang bener. Hampir mirip kadang dengan mengubah keyakinan.

Ubahlah Mindset Anda Menjadi Mindset Orang Sukses

mindset orang suksesPandang dan perlakukan bisnis online anda sebagai usaha yang benar-benar SERIUS. Jangan bersikap “iseng-iseng berhadiah, mudah-mudahan berhasil”. Jalankan sebagai sebuah REAL BUSINESS. Sekali lagi, real bisnis.

Jangan pernah berpikir, bahwa sekalipun bisnis online kita nggak ada kantor, nggak ada karyawan .. ini bukan bisnis. Itu anggapan yang sangat KELIRU.

Faktanya, makin serius Anda menggeluti bisnis Anda, makin besar uang masuk ke rekening Anda.

Apa saja mindset orang sukses di bisnis online yang perlu kita “install ulang”? Ini dia:

1.  Memiliki GOAL Yang Bertahap, Bukan Yang Instan

Hati-hati, di luaran sana banyak sekali penawaran kaya mendadak. Bisa membuat Anda kehilangan kontrol atas OTAK anda. Ingin serba instan.

Banyak orang yang pengen buka bisnis hari ini, lalu berharap dalam waktu cepat langsung menghasilkan. Ketika ternyata setelah beberapa hari, belum juga ada income, langsung “down” dan “menutup” bisnisnya.

Dari pada memikirkan gimana caranya membuat bisnis dengan income 5 juta dalam semalam, jauh lebih baik merancang sebuah skema bisnis/proyek mini-income yang menghasilkan $5 – $10 per hari.

Jika target ini sudah tercapai, maka percayalah $100 per hari juga pasti bisa. Bahkan $5000 per hari juga akan bisa. Kuncinya sama. Tinggal di scale up. 

Dari mana memulainya? Anda bisa memulainya dari menjalankan bisnis afiliasi ini.

BACA JUGA:  DIGITAL ATAU MANUAL

2.  Terus Membangun Saluran Income Jangka Panjang

Bisnis dengan short-term income, sepertinya menyenangkan. Hari ini jualan, langsung duit masuk. Enak memang. Inilah memang mindset para pedagang. Fokusnya adalah income yang cepat.

Punya mindset seperti ini, tentu saja tidak salah. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kita memang memerlukan income cepat, kalau perlu mengalir setiap hari.

Dalam berbagai kesempatan, saya sering mendiskusikan topik ini. Saya katakan, dalam berbisnis (apa saja), selalulah bekerja pada 2 saluran.

Pertama, saluran income jangka pendek, yang memang kita perlukan untuk memenuhi nafkah rutin.
Kedua, jangan lupakan untuk membangun income jangka panjang (membangun bisnis).

Saluran pertama, sering saya sebut: berdagang, berjualan, berperan sebagai pedagang. Sedangkan saluran kedua, saya menyebutnya: berbisnis, menjadi pengusaha, menjadi entrepreneur.

Saya memang sengaja membedakan kedua istilah itu (yaitu pedagang dan pebisnis). Lepas dari kebenaran makna terminologi. Hanya untuk sekedar memudahkan pemahaman atas perbedaan mindset nya saja.

Dalam hal ini, mindset para pedagang adalah beli sekarang, jual sekarang, profit sekarang.

Sedangkan mindset para pebisnis, para pengusaha, para entrepreneur bukan seperti itu. Mindset nya mirip dengan apa yang menjadi prinsip para petani : menanam dulu, baru menuai kemudian. Fokusnya MEMBANGUN SALURAN INCOME jangka panjang.

Siapkan lahan, sebarkan benih, beri pupuk, jaga dan rawat … baru kemudian menuai hasilnya beberapa waktu kemudian.

Sebagai pebisnis online, prinsip seperti ini sangat diperlukan. Khususnya membangun bisnis jangka panjang.

Pebisnis yang fokus pada long-term-income memang dituntut bekerja keras secara benar DI AWAL. Lalu memupuk dan merawat bisnis nya dengan telaten. Untuk selanjutnya, kerja menjadi jauh lebih ringan, penghasilan lebih stabil, berjalan secara otomatis (autopilot), bahkan bisa pasif income.

BACA JUGA:  Apa Itu Affiliate Marketing?

3.  Selalu Punya Rencana, Nggak Ada Matinya! 

Salah satu CIRI mindset orang-orang yang sukses di bisnis online adalah mereka selalu memiliki rencana. Memiliki master plan. Bahkan ketika ada hal-hal yang kurang berhasil, ia pun memiliki rencana berikutnya. Nggak ada matinya!

Kita bisa lihat, kesalahan terbesar banyak pebisnis pemula, mereka memulai sebuah bisnis secara tergesa-gesa. Bahkan seandainya pun ia mau berinvestasi untuk beriklan misalnya, ia melakukannya dengan standar advertising yang sangat rendah.

Biasanya karena malas melakukan riset, split testing, dsb, dsb. Tidak ada skenario sukses sama sekali. Wajar kalau hasilnya sering mengecewakan. Lalu akhirnya ditinggal begitu aja. Parahnya, lalu menyimpulkan: jualan online itu susah!

Seharusnya, kita bikin dulu rencana yang matang, secara detil, seperti apa ROAD MAP bisnis kita. Kalau gagal pun kita sudah menyiapkan rencana kedua, skenario alternatif.

Paling tidak, dalam master plan kita, sudah tercantum hal-hal berikut ini:

  • siapa target pasar kita (negara, kota, demografi, dll)
  • dimana tempat yang paling tepat mencapai target market itu
  • jenis advertising/marketing apa yang paling di respon oleh mereka
  • gimana agar konsumen loyal dan melakukan repeat order
  • apa strategi meningkatkan hasil usaha, misalnya dalam hal jumlah lead dan jumlah traffic dengan biaya minimum
  • dst, dst

Itulah beberapa point mindset orang sukses di bisnis online yang HARUS terus-menerus kita perbaharui. Dengan pola pikir atau mindset seperti itu, insyaAllah kita akan berhasil.

Ingat: 90% sukses berasal dari MINDSET. Bukan soal teknis!

Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Contact Us support@abdeko.com