GERAKAN 1000 STARTUP DIGITAL

GERAKAN 1000 STARTUP DIGITAL

Oleh : Puji Hasti.

Gerakan 1000 startup digital merupakan program Kementerian Kominfo. Digelar di 10 kota, untuk menciptakan minimalnya 1000 startup digital baru di Indonesia. Pada Tahun 2019, Gerakan 1000 Startup Digital, memasuki batch ke-4. Dan tentu saja masih tetap gratis seperti batch-battch sebelumnya.

Masyarakat boleh mendaftar untuk berpartisipasi dalam gerakan ini. Peserta yang memenuhi syarat akan diundang untuk mengikuti pelatihan gratis selama 6 bulan. Catat sekali lagi, Gratis ya saudara-saudara ! Ahahaa …

Pemerintah menargetkan, Indonesia dapat menjadi pelopor bagi negara-negara di Asia dalam bidang startup digital. Di Indonesia saat ini sudah tampil 4 startup digital berskala unicorn yaitu : Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. Dua startup lain disinyalir akan segera menyusul menjadi unicorn.

Startup Unicorn artinya startup yang memiliki nilai valuasi US$ 1M atau sekitar 14,1 Trilyun Rupiah. Gojek kelihatannya akan segera masuk skala dekacorn yaitu startup dengan nilai valuasi  US$ 10M atau sekitar 140 Trilyun Ruipah.

Iklim yang kondusif bagi dunia startup digital dalam 5 tahun terakhir ini, telah membuahkan banyak sekali startup digital. Sebut saja Halodoc dan Reblood di bidang kesehatan, Ruang Guru di bidang pendidikan, Lima Kilo dibidang pemasaran hasil pertanian dan lain-lain. Ratusan startup lain tak henti berinovasi.

Hampir semua kementerian dan BUMN, mempunyai budget untuk membantu berbagai startup, terutama startup digital. Sebagian mereka memilih ber-investasi pada startup yang sudah jadi. Sebagiannya lagi memberi pelatihan berjenjang, lalu diakhiri dengan investasi atau kucuran dana hibah. Terkadang juga uang tunai jika yang diselenggarakan adalah format lomba startup.

BACA JUGA:  7 Bocoran Menkeu Sri Mulyani Buat Founder Startup Digital

Penasaran ngga sih, berapa rata-rata nilai hadiahnya ? Mari kita intip yang kelas domestik dulu deh. Kalau disebut Bekraf, tahun 2017 dan tahun 2018, itu nilainya diangka 200 juta Rupiah. sifat dana adalah hibah, alias murni pemberian bagi startup yang lolos kurasi juri.

Oktober 2019, tercatat acara ‘PGN Startup Competition’ berhadiah di angka 100 juta Rupiah. Begitu juga PT PP (Persero) Tbk, menggelar acara Digital Construction Hack dengan hadiah 100 juta Rupiah. Belum ngiler kah ? Ahahaa …

Perusahaan swasta juga tidak kalah semangatnya berinvestasi pada startup digital. Patut disyukuri bahwa untuk startup digital, banyak juga hadir para Angel Investor yang benar-benar menyalurkan dananya secara hibah. Ini nyata, karena mereka adalah orang-orang yang sudah kelebihan uang. Para Angel Investor juga menyadari efek sosial yang besar terkadang muncul berkat sebuah startup digital. Sebut saja efek dari Gojek, sebagai contoh yang bisa kita rasakan bersama.

Ajang pencarian startup digital terbaik internasional seperti Techsauce Global Summit, pada tahun 2018 Roadshow di Indonesia, hadiahnya US$ 130.000 . Ini dikasih lhoo … bukan di-utangin, hahaha.

Berikut ini beberapa contoh peluang dari berbagai pihak untuk startup digital. Info-info yang ditampilkan adalah sekitar bulan Oktober 2019, yaitu saat artikel ini ditulis.

 

Berminat bikin startup digital ? Setiap kamu punya peluang bikin startup digital  lho. Coba baca tulisanku selanjutnya tentang elemen-elemen yang harus ada dalam Team startup digital, mungkin kamu adalah satu diantaranya.

BACA JUGA:  Setiap Kita Punya Peluang Untuk Membuat Startup Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Contact Us support@abdeko.com