Apa Itu Affiliate Marketing?

Apa Itu Affiliate Marketing?

Gimana rasanya, jika setiap hari, saat anda sedang istirahat atau beraktifitas, muncul notifikasi penjualan di email Anda seperti ini:

Di email itu diberitahu bahwa anda mendapatkan penghasilan komisi dari hasil penjualan sebuah produk. Padahal bisa jadi Anda tidak pernah bertemu dengan konsumen/pembeli. Anda juga tidak berkomunikasi secara langsung (chat atau email) dengan pembeli. Tapi ada penjualan, ada produk yang dibeli oleh seseorang yang berasal dari referensi/rujukan Anda.

Mungkin si pembeli tertarik dengan produk itu setelah membaca status anda di facebook, atau di twitter, atau mungkin habis nonton video review anda di youtube. Atau mungkin pembeli itu sempat membaca artikel anda di website yang di dalamnya anda merekomendasikan sebuah produk. Lalu pembaca itu tertarik, lalu klik link produk yang anda rekomendasikan dan kemudian membeli produk itu.

Atas rekomendasi itu, anda diberikan penghasilan berupa komisi oleh perusahaan pemilik produk atau merchant. Besaran komisinya, ada yang berupa prosentase, ada yang berupa angka tetap sejumlah nilai tertentu, sekian rupiah.

Inilah yang disebut dengan sistem bisnis affiliate marketing. Sering juga disebut dengan pemasaran afiliasi.

Sistem bisnis ini memang sangat menarik, salah satunya karena memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan pasif income dalam jumlah yang cukup menggiurkan. Mesin uang tetap bekerja, sekalipun kita tidur. Tentu saja jika dilakukan dengan benar.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Secara sederhana, affiliate marketing adalah Anda mempromosikan produk orang lain, lalu untuk setiap transaksi yang terjadi melalui rekomendasi anda itu, Anda mendapatkan komisi. Orang yang menjalankan usaha ini sering disebut juga affiliate marketer, atau disingkat affiliate. Dalam bahasa sederhananya, affiliate itu ya … makelar.

BACA JUGA:  DIGITAL ATAU MANUAL

Secara umum, seorang affiliate marketer biasanya akan selalu memburu atau mencari produk apa yang menarik untuk dijual. Lalu setelah dapat, ia mempromosikan produk tersebut kepada orang lain baik melalui SEO (mesin pencari), promosi di media sosial, atau membuat artikel-artikel review produk, dllsb. Kemudian ia mendapat komisi dari setiap penjualan yang terjadi.

Hal ini bisa terjadi, karena semua rujukan atau rekomendasi dari seorang affiliate itu adalah berupa LINK UNIK yang disebut sebagai link afiliasi (affiliate link) yang untuk masing-masing affiliate beda-beda link nya.

Contoh link affiliate, seperti di bawah ini:

Link ini dilacak menggunakan teknologi cookie sehingga setiap data kunjungan yang berasal dari link affiliate itu sampai data transaksinya, semua akan tercatat di dashboard (affiliate area).

Peluang Bisnis Affiliate Marketing

Ada banyak sekali perusahaan atau perorangan yang menawarkan peluang bisnis afiliasi ini. Termasuk perusahaan-perusahaan raksasa ecommerce seperti amazon, aliexpress, walmart, lazada, tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain sebagainya.

Dengan menjadi affiliate dari berbagai perusahaan itu, kita bisa jualan hampir semua produk-produk fisik yang ada, tanpa berhubungan langsung dengan konsumen, tanpa memikirkan ongkos kirim, tanpa repot dengan berbagai komplen pembeli, dsb. Fokus seorang affiliate marketer hanya menyebarkan link affiliate produk ke banyak prospek atau calon pembeli. Ya, tugasnya hanya satu: promosi, promosi, promosi.

Selain jualan produk fisik, banyak sekali affiliate yang juga berbisnis produk digital. Produk digital itu misalnya ecourse (kursus online), membership, ebook, software, hosting, domain, themes, plugins, tools, dllsb. Beberapa perusahaan yang sangat terkenal di bidang ini misalnya clickbank, jvzoo, revenuewire, cpalead, ratakan, dll.

Dari sekian banyak perusahaan yang menawarkan peluang usaha berbasis affiliate ini adalah abdeko, dengan produk khas nya yaitu premium membership abdeko. Komisi penghasilan affiliate yang ditawarkan oleh abdeko juga cukup besar, yaitu sebesar 35% dari harga produk, atau sekitar Rp 175 ribu per penjualan. Lumayan ‘kan?

BACA JUGA:  Mindset Yang Benar Adalah Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Online

Cara Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

1. Mendaftarkan diri sebagai affiliate
Pertama, carilah perusahaan-perusahaan atau vendor atau pemilik produk yang menyediakan peluang kepada kita untuk bisa ikut memasarkan produk mereka. Biasanya di halaman website perusahaan itu ada link dengan tulisan Affiliate atau Afiliasi. Tinggal klik link itu, lalu isilah formulir pendaftarannya.

2. Dapatkan LINK Affiliate
Setelah pendaftaran kita diterima dan akun affiliate aktif, maka kita akan diberikan LINK AFFILIATE untuk masing-masing produk yang bisa dipromosikan. Link tsb bisa ditemukan setelah anda login ke akun affiliate Anda.

3. Promosikan Link Affiliate
Bisa dikata, pekerjaan utama dan rutin seorang affiliate marketer adalah menyebarkan LINK AFFILIATE produk yang mau dipromosikan. Kuncinya ada disini. Ada banyak cara dalam melakukan promosi ini. Bisa lewat sosial media, bisa dengan membuat artikel review suatu produk lalu memasukkan link affiliate produk itu di dalam postingan/artikel; bisa juga dengan cara beriklan di facebook, atau iklan di google, dlsb.

4. Terima Penghasilan
Atas setiap transaksi penjualan yang berasal dari referensi anda, semua akan tercatat datanya di akun affiliate anda. Pastikan anda sudah memasukkan no rekening di akun affiliate, agar anda bisa menerima penghasilan. Memang ada berbagai kebijakan dalam sistem pembayaran komisi, tergantung perusahaannya masing-masing. Ada yang sistem bayar komisinya mingguan, ada yang dua-mingguan, dan juga ada yang membayar bulanan, pada tanggal-tanggal tertentu.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi affiiate marketer? Silakan bergabung dengan peluang bisnis afiliasi abdeko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Contact Us support@abdeko.com